Kamis, 22 Mei 2014

Jangan salah isi Data SBMPTN

Info SBMPTN : Hati-Hati isi Data SBMPTN!. Pendaftaran jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mulai dibuka pada 12 Mai yang lalu dan akan berakhir pada 6 Juni mendatang. Dalam periode ini, lulusan SMA dan calon mahasiswa dalam melakukan pendaftaran secara online langsung di portal resmi SNMPTN. Salah satu poin penting dalam proses pendaftaran ini adalah pengisian biodata.
Plt Kepala Humas Universitas Diponegoro (Undip) Dra. Rini Handayaningsih mengingatkan, calon peserta SBMPTN 2014 harus lebih cermat pada pengisian biodata dirinya. Misalnya pada kolom nama, alamat dan tempat tanggal lahir. “Sebab, jika sudah tersimpan, maka siswa tidak dapat mengubah data lagi,” kata Rini, seperti dinukil dari laman Undip, Kamis (15/5/2014).
Pendaftaran SBMPTN 2014 dilakukan melalui lamanwww.pendaftaran.sbmptn.or.id. Sebelum melakukan pendaftaran, siswa diminta untuk mengecek secara lengkap informasi, pilihan jurusan dan juga tata cara pendaftaran SBMPTN 2014 melalui laman www.sbmptn.or.id.
Pengecekan ini penting dilakukan oleh calon peserta SBMPTN, karena ada beberapa perubahan dalam mekanisma pendaftaran. Jika pada tahun-tahun sebelumnya calon peserta melakukan pembayaran terlebih dahulu ke bank untuk mendapatkan KAP dan PIN baru melakukan pendaftaran secara online. Tahun ini, peserta mendaftar dan mendapatkan PIN dan KAP terlebih dahulu, kemudian mengisi biodata lalu memperoleh kode akses bayar.
“Oleh karena itu, sebaiknya siswa dapat membaca informasi pendaftaran secara rinci dan mengikuti alur pendaftaran yang sudah ada di dalam sistem,” imbuh Rini.
Perbedaan lainnya pada SBMPTN tahun 2014 ini adalah biaya pendaftaran. Tahun ini, biaya pendaftaran SBMPTN lebih murah, yakni Rp100 ribu. Angka ini juga berlaku untuk semua kelompok ujian yakni Sains Teknologi (Saintek), Sosial Humaniora (Soshum) dan Campuran.  Biaya ini sudah termasuk biaya tes praktek untuk beberapa jurusan yang mensyaratkan tes praktek.
Rini menyarankan, meski masa pendaftaran SBMPTN dibuka hingga 6 Juni 2014, para siswa sebaiknya segera mendaftarkan diri. “Jangan menunda. Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin dan teliti setiap langkah yang harus dipenuhi sesuai dengan ketentuan,” tuturnya.
sumber : http://www.iberita.com/29563/info-sbmptn-hati-hati-isi-data-sbmptn

0 komentar:

Posting Komentar